Thursday, October 10, 2013

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Remaja

Timbul jerawat dimuka tentu membuat kita merasa risih. Bagi sebagian remaja timbulnya jerawat bisa membuat minder dan tidak percaya diri. Menurut dr Eddy Karta SpKK, masalah yang paling banyak terjadi pada remaja adalah kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Masalah Kesehatan


Menurut dr Eddy Karta SpKK, “Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah sehingga wajah tampak kusam dan tidak terawat".


Lalu, apa penyebab timbulnya jerawat pada remaja? Menurut dr Eddy, sebum atau kelenjar minyak biasanya memang mulai akif sejak masa remaja. Pada masa remaja ini jerawat mulai timbul saat terjadi sumbatan pada sebum tersebut.

“Sumbatan ini biasanya disebabkan oleh adanya tumpukan kotoran dan debu. Ini biasanya dialami oleh remaja yang malas membersihkan wajah atau menggunakan produk pembersih yang salah,” jelasnya dr Eddy.

Kebiasaan memegang jerawat dengan keadaan tangan kotor juga bisa menjadi pencetus timbul jerawat baru. “Kebiasaan ini justru bisa membentuk infeksi di sumbatan tersebut,” dr Eddy menegaskan. Tahan diri untuk tidak memegang jerawat dan kulit disekitarnya agar jerawat yang sudah ada tidak semakin meradang.

No comments:

Post a Comment